10 Bahan Kimia dalam Makeup Mata yang Berbahaya

Makeup memang akan membuat kamu terlihat cantik, tapi kamu harus pintar-pintar pilih makeup mata, girls. Jangan sampai eyeshadow, eyeliner, mascara, hingga lem bulu matamu ada kandungan bahan kimia beracun yang bisa bikin mata kamu iritasi, kemerahan, mata kering, kelopak mata bersisik, dan kondisi kesehatan jangka panjang serius lainnya.

Berikut ini adalah 10 bahan kimia pada makeup mata yang sebaiknya kamu hindari:

1. Karbon Hitam
Senyawa kimia ini dicurigai sebagai agen karsinogen dan dapat menyebabkan efek kesehatan merugikan lewat paparan inhalasi, konsumsi, atau kontak langsung dengan kulit. Jika terhirup, karbon hitam dapat menyebabkan penurunan fungsi paru, penyempitan saluran napas, distrofi myokardia, keracunan sistem organ, dan kerusakan DNA. Karbon
hitam akan muncul pada label sebagai Carbon Black, D&C Black No.2, Acetylene Black, Channel Black, Furnace Black, Lamp Black, dan Thermal Black.

2. Kelompok Etalomina
Monoethanolamine (MEA), Diethanolamine (DEA), dan Trietanolamin (TEA) adalah contoh utama dari etanolamina-kelompok kimia yang terdiri dari asam amina dan alkohol. Studi telah menemukan bahwa DEA mempengaruhi kesehatan reproduksi pria. Studi lain menunjukkan bahwa fungsi memori dan perkembangan otak pada anak dapat terganggu secara permanen dari ibu yang terpapar oleh DEA. Untuk mengetahui apakah produk eye makeup-mu mengandung etanolamina, teliti kemasannya dan cari komposisi dengan nama berikut: Triethanolamine, Diethanolamine, DEA, TEA, Cocamide DEA, Cocamide MEA, DEACetyl Phosphate, DEA Oleth-3 Phosphate, Lauramide DEA, Linoleamide MEA, Myristamide DEA, Oleamide DEA, Stearamide MEA, TEA-Lauryl Sulfate.

3. BAK
Benzalkonium Klorida (BAK/BAC) adalah zat kimia yang digunakan sebagai desinfektan, deterjen, dan antiseptik. BAK kadang digunakan sebagai bahan pengawet dalam eyeliner, maskara, dan cairan pembersih makeup. Pusat data Cosmetic Safety menyatakan bahwa ada bukti cukup dan kuat bahwa BAK adalah agen racun yang memiliki kekebalan terhadap tubuh, kulit, dan pernapasan. Studi menunjukkan bahwa bahan tersebut adalah iritan kulit dan mata – kemerahan, pandangan kabur, nyeri – dan dapat merusak kulit dan mata. BAK terdaftar di produk eye makeup-mu dengan nama: Alkyl Dimethylbenzyl Ammonium Chloride, Benzalkonium Chloride Solution, QuarternaryAmmonium Compounds, Benzylcoco Alkydimethyl, Chlorides, Quaternium-15 , atau Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride.

4. Prime Yellow Carnauba Wax
Lilin ini biasa digunakan sebagai lapisan pelindung yang ditemukan di maskara dan eyeliner supaya produk tahan air karena produk ini tidak larut dalam air dan dalam etil alkohol. Prime Yellow Carnauba Wax menyumbat kelenjar minyak di mata dan dapat menyebabkan penyakit mata kering.

5. Formalin
Formalin atau Formaldehida adalah gas korosif tidak berwarna. Paparan Formaldehida akut (jangka pendek) dan kronis (jangka panjang) melalui inhalasi dapat menyebabkan gejala pernapasan, dan iritasi mata; hidung; dan tenggorokan. Kontak berkepanjangan dengan kulit dapat menimbulkan dermatitis kontak alergi pada beberapa individu, dengan gejala seperti kemerahan, gatal, serta ruam merah dan pembengkakan pada kulit yang dapat menimbulkan lecet. Formalin terdaftar pada label eye makeup sebagai Formalin, Formaldehida, Formaldehyde, Quartwenium-15, DMDM Hydantoin, dan Urea.

6. Paraben
Paraben adalah bahan pengawet yang umum digunakan dalam kosmetik dan produk perawatan. Pengawet ini sangat efektif dalam mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan ragi yang dapat menyebabkan produk cepat rusak. Paraben diserap melalui kulit dan mudah ditransportasikan ke dalam aliran darah. Mereka juga mengganggu kelenjar endokrin dan
terkait dengan toksititas reproduksi, pubertas dini, dan kanker payudara. Paraben juga dapat membuat kondisi mata kering memburuk karena mereka memblokir pelepasan minyak dari kelenjar minyak untuk melapisi kelopak mata. Paraben digunakan paling umum dalam kosmetik adalah Methylparaben, Propylparaben, Butylparaben, dan Ethylparaben.

7. Bubuk Alumunium
Bubuk Alumunium tergolong sebagai Neurotoxin dan banyak digunakan untuk memberikan warna pada makeup. Neurotoxin ini dianggap jauh lebih buruk daripada merkuri karena telah diduga mengganggu berbagai proses seluler dan metabolisme dalam sistem saraf dan jaringan lain. Paparan jangka panjang dari bubuk alumunium dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengeluarkan merkuri, dan sebagai hasilnya dapat membuat berapapun jumlah merkuri dalam tubuhmu jadi lebih beracun. Produk makeup mencantumkan bubuk alumunium dalam labelnya sebagai LB Pigment 5 atau Logam Pigmen.

8. Retinyl Acetate atau Retinyl Palmitate
Asam Retinoat meningkatkan aktivitas photocarcinogenic dari sinar UVB pada tikus dan meningkatkan duplikasi lesi kulit. Retinyl Palmitate juga meningkatkan kehadiran sel skuamosa neoplasm – awal kanker kulit. Asam Retinoat bisa mengiritasi selaput lendir dan saluran pernapasan bagian atas.

9. Titanium Dioksida
Partikel bubuk Titanium Dioksida ini begitu kecil sehingga mereka dengan mudah terhirup dan dapat menumpuk di paru-paru atau dalam sel-mu, dan mereka bisa merusak DNA dan menyebabkan kanker. Dalam label eye makeup, Titanium Dioksida tercantum apa adanya atau sebagai TiO2.

10. Talc
Paparan Talc dikaitkan dengan mesothelioma, tumor organ lapisan jaringan seperti paruparu, lambung, dan jantung. Talc yang terhirup dapat mengganggu mekanisme paru-paru bersih dan mengurangi peradangan sehingga merusak sel dan berpotensi menyebabkan kanker. Paparan talc, terutama melalui kontak langsung dengan kulit, juga dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan yang ditandai dengan nafas tersengal-sengan dan batuk.

Itu dia 10 bahan kimia pada makeup mata yang harus kamu hindari, girls. Memakai makeup memang seru dan asik, dan juga bisa menambah rasa percaya diri kamu, tapi kamu harus cek setiap komposisi dalam makeup yang kamu beli. Kamu tidak mau kan terkena resiko panjang dari bahan-bahan kimia di atas demi tampil cantik? Selamat dandan girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *