Tips Merawat Bibir Agar Tetap Sehat

Memiliki bibir yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang terutama untuk kaum perempuan. Saat kondisi bibir kering dan pecah-pecah memang tidak menyenangkan, selain terasa perih dan tak nyaman, bibir pecah-pecah juga tampak kurang indah dan akan membuat kamu kesulitan mengaplikan lipstik dan hasilnya pun kurang maksimal. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat bibir secara rutin di rumah, mulai dari mengkonsumsi air yang cukup setiap harinya hingga perawatan alami untuk melembapkan dan mencerahkan area bibir.

Berikut tips merawat bibir agar tetap sehat, lembab dan indah.

1.Hentikan kebiasaan menjilat bibir

Saat bibir terasa kering, kita mungkin secara refleks menjilatnya agar bibir terasa lebih lembap. Padahal, hal ini tidak seharusnya dilakukan. Menurut dr. Elizabeth Tanzi, co-director dari Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery di Washington DC, Amerika, hal ini justru akan memperparah kondisi bibir.

“Angin dan suhu yang dingin menyebabkan bibir yang kering, dan menjilatnya hanya akan memperparah kondisi (bibir),” sebut dr. Tanzi, seperti dikutip Huffpost.com.

2. Membersihkan lipstik

Membersihkan lisptik setelah digunakan sepanjang hari adalah hal penting. Kulit bibir kamu membutuhkan waktu istirahat dan beregenerasi di malam hari. Pastikan kamu membersihkan makeup khususnya bagian bibir setiap malam sebelum tidur, agar bibir tetap lembap.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi kulit bibir secara rutin, tidak hanya mengangkat sel kulit mati, namun juga membuatnya terlihat cerah alami. Akan tetapi, ada dua hal yang harus kita perhatikan bila akan melakukan eksfoliasi. Di antaranya, gunakanlah bahan yang lembut dan jangan terlalu sering mengelupas bibir. Selain itu, setelah mengelupas kulit pada bibir, gunakanlah lip balm untuk segera melembapkan bibir. Kamu dapat menggunakan Herbal Care Almond Flower Face & Lips Exfoliator yang secara lembut akan memberikan manfaat exfoliate untuk kulit wajah dan bibirmu dan membuat kulit halus, mengembalikan elastisitas kulit dan bibir, mengembalikan kecerahan dan warna yang indah serta mengurangi tanda-tanda dehidrasi.

4. Menutrisi bibir di malam hari

Bibir biasanya akan kering saat kita tidur. Jadi pastikan kamu menghidrasi bibir sebelum tidur. Aplikasikan pelembap bibir atau petroleum jelly dan biarkan hingga pagi hari. Hal ini akan membuat bibir terasa lebih lembut dan lembap.

5. Gunakan lip balm dengan SPF

Mengutip American Academy of Dermatology, kita disarankan untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF 30 atau lebih saat bepergian ke luar rumah. Kita bahkan disarankan untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF setiap dua jam sekali bila berada di luar ruangan, untuk menjaga kelembapan. Hal ini penting untuk dilakukan, karena sinar matahari dapat membakar dan membuat bibir semakin kering.

6. Perhatikan jenis sunscreen yang digunakan

Selain itu tips yang bisa kita ikuti adalah dengan memperhatikan kandungan dalam lip balm. Meski disarankan untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF, sebagian dari kita mungkin alergi dengan kandungan tersebut.

“Yang paling sering terjadi adalah alergi terhadap (kandungan) sunscreen avobenzone dan oxybenzone,” ungkap Dr. Heather Woolery-Lloyd, dermatolog dan pendiri Specific Beauty, brand skin care asal AS.

Sehingga, kita disarankan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan itu. Untuk berjaga-jaga, kita juga dianjurkan untuk tidak menggunakan lip balm dengan kandungan pewangi atau alkohol, karena keduanya dapat memperparah kondisi kulit bibir sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *